RSUP Adam Malik dan Kerajaan Arab Saudi Berkolaborasi dalam Program Operasi Jantung

RSUP Adam Malik di Medan, Sumatera Utara, telah menjalin kerja sama yang signifikan dengan King Salman (KS) Relief dan Muslim World League dari Arab Saudi dalam upaya melakukan kegiatan sosial operasi jantung.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, menyambut baik bantuan yang diberikan oleh Arab Saudi dalam mendukung pelaksanaan operasi jantung di RSUP Adam Malik. "Muslim World League dan King Salman Relief sangat membantu RS Adam Malik untuk melakukan operasi jantung," ujar Menkes Budi saat konferensi pers pada Rabu (22/5).
RSUP Adam Malik dan Arab Saudi Kerja Sama Operasi Jantung
RSUP Adam Malik dan Arab Saudi Kerja Sama Operasi Jantung

Praktiknya, KS Relief melaksanakan program bantuan medis kemanusiaan dengan fokus pada operasi jantung di Kota Medan, Sumatera Utara. Pasien yang menjalani operasi jantung melalui kerja sama ini tidak dikenakan biaya atau gratis karena sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Seperti yang dilansir oleh Kemenkes RI, kegiatan sosial operasi jantung ini direncanakan berlangsung dalam tiga periode. Periode pertama berlangsung hingga 27 Mei 2024. Periode kedua dijadwalkan pada 2-9 Juni 2024, sementara periode ketiga akan dilaksanakan dari 25 Juni hingga 1 Juli 2024.

Para tenaga medis ahli dan terkemuka dari Arab Saudi akan terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan sosial operasi jantung ini. Mereka akan melakukan operasi jantung terhadap 15-20 pasien pada setiap periode kegiatan.

“Kami menegaskan bahwa Kedutaan Arab Saudi terbuka untuk pelaksanaan program operasi jantung ini dan dengan senantiasa memberikan fasilitas kemudahan bagi terlaksananya kegiatan operasi jantung tersebut,” kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah.

Kerja sama ini menegaskan peran penting Kerajaan Arab Saudi dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Melalui KS Relief, Kerajaan Arab Saudi berkomitmen untuk memberikan bantuan lintas sektor di bidang kemanusiaan, yang secara konkret tercermin dalam program operasi jantung ini.

Sumber: Kemkes
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
kembali ke atas